ELASTOMERIC BEARING JEMBATAN

Bantalan Elastomer - BantalanStruktural - KaretBantalan Jembatan - Karet Elastomer

 


Elastomeric Bearing adalah karet elastomer blok yang diperkuat dengan plat baja yang divulkanisir pada saat pembuatannya. Bearing ini merupakan bantalan sebagai penyalur beban antara suatu struktur jembatan bagian atas dengan struktur jembatan bagian bawah.

Maka dari itu penempatan Elastomeric Bearing wajib dirancang untuk mampu mengakomodasi perpindahan beban dan gesekan yang terjadi pada jembatan dan wajib penempatannya dilakukan secara mekanis untuk mendukung usia (durability) jembatan.

Dalam Pemasangannya, Elastomeric Bearing sebagai tumpuan jembatan, antara girder dan abutmen, mengurangi pergeseran dan getaran yang disebabkan oleh kendaran yang menlintas diatas jembatan dan pergerakan lainnya.

Bahan Elastomeric Bearing

Bahan bakunya Elastomeric Bearing terbuat dari Polychloroprene atau Neoprene yang diperkuat dengan lapisan baja di dalamnya dan di vulkanisir bajanya supaya terminimalisi terjadinya pemuaian dan terlepas lapisan bajanya dari laminasi karet yang bungkin terjadi karena adanya beban tekan yang tinggi. Sebagian perusahaan menggunakan material Polyiosprene atau nama lain dari karet alam sebagai bahan mentah karetnya.

Fungsi dari Elastomer Bearing            

Elastomering Bearing biasanya dipasang di bawah girder jembatan, diatas pier head, abutmen, maupun diatas balik corbel. Elastomeric Bearing tersebut punya fungsi sebagai media yang menyalurkan beban dari strukrur bagian atas dan struktur bagian bawah. Dengan car aitu beban bisa disalurkan dari struktur atas ke struktur bawah ketika ada kendaraan yang meilintas.

Karna fungsinya yang penting sebagai penjamin keselamatan dan keamanan struktur jembatan atau Ketika pembangunan maupun Ketika digunakan, Elastomeric Bearing yang dipakai harus memenuhi syarat dan kriteria yang sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (kalau ada)

Menguji Elastomeric Bearing ada dua hal yang diuji, yaitu kekuatan tekan dan kekuatan geser, bertujuan untuk mengetahui apakah bantalan karet layak betul dan memenuhi kriteria untuk dipakai dalam system struktur konstruksi suatu jembatan.

Umumnya Elastomeric Bearing bisa diproduksi sekustom mungkin sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan standar Elastomeric Bearing, adalah kombinasi beban yang diterima berbanding dengan ketebalan dan kekakuan karet bantalan yang dibutuhkan.

Perhatian berikutnya adalah posisi Elastomeric Bearing jembatan wajib sesuai dengan ruang penempatan dan beban yang akan ditahan oleh sebuah jembatan. Intensitas terjadinya Gerakan juga wajib diperhitungkan.

Pada oengaplikasiannya, Elastomeric Bearing akan dipasang pada sebuah kerangka kerja yang terbuat dari beton atau baja, tiap sisi bantalan haram tercegah dari perubahan bentuk atau deformasi. Kerangka beton atau baja wajib didesain dengan baik agar beton tidak lepas dari Elastomeric Bearingnya. Sementara kerangka di sekitar bantan karet harus mudah di lepas.

Jenis - Jenis Elastomerinc Bearing

Sekarang ini Elastomeric Bearing ada banyak macam jenis. Masing – masing jenis bantalan punya fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Jika anda ingin mengenal lebih perihal konstruksi jembatan, bolehlah mengenal jenis – jenis Elastomeric Bearing yang dijelaskan berikut:

1. Laminated elastomeric bridge bearing

Jenis Elastomeric Bearing satu ini terdiri dari beberapa lapisan rubber yang dipisahkan oleh plat baja, Elastomerinc Bearing ini biasanya berbentuk bantalan yang dapat menahan pergerakan yang terjadi akbiat rotasi maupun deformasi geser. Jenis ini dapat digunakan sebagai solusi aman budget untuk sebuah konstruksi yang Jembatannya menerima banyak gerakan transversal, longitudinal, dan rotasi kecil. Tidak hanya itu Laminated Elastomeric Bearing juga bisa menghantarkan isolasi getaran. Dan yang terpenting, material bearing Karet ini termasuk mudah dipasang.

Laminated Elastomeric Bearing merupakan salah satu jenis bantalan jembatan yang termasuk mudah pemasanganya, bantalan ini menggunakan karet jenis neoprene polos yang memiliki kemampuan untuk mentransfer beban ke sub struktur jembatan secara halus dan merata. Bantalan ini juga mampu menahan rotasi dari jembatan. Karenanya, Bearing jenis ini dapat mengatasi gerakan longitudinal dan lateral akibat kondisi thermal.

2. Lead rubber bearing

Elastomeric Bearing jenis satu ini mempunyai silinder atau lebih pada bagian tengah, terdiri dari lapisan material karet yang lebih lunak dan tidak kaku seperti laminated bearing pad, sehingga memiliki kemampuan pergeseran yang besar dan juga menggunakan material timbal murni 99,9% sebagai bahan yang mendisipasi energi dari gaya pergerakan struktur atau jembatan. Fungsi dari Elastomeric Bearing berikut adalah untuk meredam terjadinya goncangan dalam skala besar saat terjadi bencana seperti banjir gelombang pasang, atau gempa bumi, Elastomeric Bearing satu ini juga dapat mencegah kerusakan pada jembatan, bearing ini digunakan untuk jembatan dengan Bentang yang lebar sering juga disebut isolation bearing, merupakan jenis bantalan yang sesuai untuk struktur bangunan anti gempa atau sering juga disebut dengan Seismic building.

3. Pot bearing

Elastomeric Bearing ini merupakan jenis yang paling sesuai untuk jembatan yang tidak mempunyai ruang yang luas untuk elastomeric. Bantalan ini punya kinerja yang bagus untuk jembatan bertipe lengkung atau miring dan membutuhkan kendali arah yang tinggi. Pot bearing dirancang untuk menerima beban vertical yang besar dengan penerapan sistem piston. terdapat berbagai macam pot bearing, gaya sliding dari komponen sliding plate dengan teflon dan stainless steel sebagai sub komponennya menghasilkan kemampuan pergeseran yang besar.

 

Ukuran atau penampang Karet Jembatan - Elastomeric Bearing pad


Elastomeric Bearing Pad – Karet Bantalan Jembatan murah - Kami dapat memproduksi sesuai ukuran - kebutuhan permintaan konsumen .

Penyedia Produk dan Jasa Pemasangan Pergantian Elastomeric Bearing Pad

Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.

Selain Elastomer Bearing Pad kami juga menyediakanrubber fenderrubber fender vrubber fender drubber fender mrubber fender cellrubber fender conerubber fender cylinderrubber fender squarebantalan jembatan / elastomeric bearing padrubber sheetkaret bumper, pelindung loading dockasphaltic plug binderdeck drain cast iron jembatanfrontal frame fenderbollard dermaga, bitt bollard dermagacurve bollard dermagatee bollard dermagaexpantion joint(karet dilatasi) hingga anchor bolt galvanis, serta berbagai produk karet konstruksi lainnya.Semua produk unggulan dari kami memiliki reputasi baik yang terbukti luas dalam menghasilkan produk dengan material karet berkualitas serta layak uji.

Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen.

Informasi dan permintaan penawaran harga terbaik hubungi kami :

Call & WA :

082245923265 - 087722285552

Fajar Achmadi

Postingan Terkait

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

MELAYANI PEMASANGAN

banner

MARKET PLACE